Rabu, 27 Mei 2009

Dipanen Durian Monthong Raksasa Indonesia: 13,8 Kg


Obortani & Rekor Duren


Ukuran tak lazim varietas legendaris durian monthong asal Thailand baru saja berhasil dipanen di Plantera kebun buah Kalisidi Kecamatan Gunungpati Semarang. Tak tanggung-tanggung, komoditas buah yang memiliki produktivitas serta keawetan tinggi ini memiliki bobot 13,8 kilogram dengan lima juring. Berat ini tentu saja diatas rata-rata monthong normal yang kisarannya hanya 4-5 kg. Bahkan dari plantera milik pengusaha perkebunan Budi Darmawan ini, varietas monthong berukuran di atas standar paling hanya berbobot 11 kg, 9 kg, atau 7 kg.


wit durian


Di atas lahan seluas 20 hektare ditanam 2.000 pohon durian monthong yang saat ini sudah produktif berusia 4,5 tahun hingga 7 tahun. Hasilnya, setiap kali panen bisa menghasilkan 20 butir sampai 54 butir per pohon. Jika per kilogramnya durian jenis ini dijual Rp. 15 ribu, maka untuk sebuah durian raksasa tersebut kita harus mengeluarkan biaya hingga Rp. 207 ribu.


rebutan durian


Menurut pakar tanaman buah dari Malaysia Erick Lim, varietas monthong memang berukuran cukup besar tetapi yang biasa ditemukan berbobot hingga 6 kg saja. Bahkan, untuk ukuran yang diatas 12 kg diakuinya termasuk sangat jarang ditemui. Volume daging buahnya bisa sekitar 55%. ”Durian baru dipanen sekali ini dan berasal dari pohon yang baik, batang yang sehat dan didesain dengan jumlah buah sedikit,” jelas Eric, kemarin.



plantera

Monthong raksasa ini masak pohon. Jika biasanya butuh waktu 120-125 hari agar durian benar-benar matang di pohonnya, maka khusus durian yang dipanen akhir pekan lalu ini membutuhkan waktu hingga 135 hari. Unggul Suroso, Manajer Koordinator Kebun menjelaskan selain pupuk dasar untuk pertumbuhan dua minggu sekali, adapula pupuk produksi dan pupuk rehabilitasi.





Plantera Ngebruk


Selain di Plantera Kalisidi, durian monthong ini juga dibudidayakan di Plantera Kebun Ngebruk yang baru saja soft opening Sabtu (15/11) lalu. Jika di Kalisidi luas areal durian mencapai 20 hektare, maka di Ngebruk khusus monthong ada sekitar 3 hektare dengan jumlah mencapai 324 pohon. ”Di agrowisata Ngebruk, pongge (biji) durian monthongnya lebih kecil-kecil bahkan kadang kita susah mau cari bijinya dimana,” ujar Budi Darmawan di areal agrowisata Plantera Ngebruk yang direncanakan dibuka resmi oleh Gubernur Bibit Waluyo, Minggu (14/12) mendatang.



P.Budi Lengken 2

Di bulan-bulan Desember hingga Februari disebutnya sebagai waktu yang pas untuk menikmati semua buah yang dibudidayakan di sana. Mulai dari lengkeng itoh, monthong, sirkaya grand anona, buah naga, melon, jambu citra, rambutan binjai, dan lain-lainnya.



mobil wisata

Unggul menambahkan, durian monthong mulai belajar berbunga sejak umur 3 tahun dan dapat dibuahkan 5 butir per tanaman untuk awalnya. Perlakuan durian monthong memang harus hati-hati. Pasalnya, durian mudah meranggas dan tidak tahan kekeringan. Belum lagi pertumbuhan tunas dan daun bakal terganggu jika kekurangan air dan kelembaban di bawah 70%.(Modesta Fiska-59)



Dikutip dengan sedikit penyesuaian dari Harian Suara Merdeka. Senin 17 November 2008.

22 komentar:

  1. pupuk apa yang paling pas buat durian monthong dan kani, cara perawatan sehabis tanam, trims

    BalasHapus
  2. Perawatan sehabis tanam durian, utamanya kompos pupuk kandang 20 kg s/d 1m3 untuk pohon diatas 5 tahun. Plus NPK Mutiara Biru 16-16-16, Asam amino dan semprot pupuk daun. Tks

    BalasHapus
  3. Yayasan Obor Tani membuktikan bahwa sebenarnya SDM kita mampu dan SDA kita luarrr biasa. Terimaksih dan selamat berjuang.

    BalasHapus
  4. Begitu saya datang di ngebrug ternyata durian di usia kurang dari 10 tahun sudah mampu berbuah beberapa kali, kapan Obor tani akan turun ke desa, kami tunggu di Desa Kalibagor Kec. Kalibagor Kab. Banyumas, salam buat Pak Pratomo

    BalasHapus
  5. maaf pak, buat membudidayakan tanaman durian monthong, kita perlu berapa tahun, dan apakah susah melakukan perawatan nya ? dan penanaman durian perlu daerah dataran tinggi saja ? thaks

    BalasHapus
  6. Pak Pratomo, bedanya durian monthong dan sitokong apa saja, mksh

    BalasHapus
  7. Di desa saya masyarakat petani sering mengeluh irigasi yang kurang lancar, sebenarnya agak dekat dengan sungai kalau menggunakan pompa biaya terlalu tinggi, kira-kira untuk menggantikan pompa tsb dengan pompa hydran atau kincir, karena kedalaman sungai hanya sekitar 3 - 4 m, saya pernah melontarkan ide dengan kincir tapi cuma ditertawakan oleh waktu rapat desa, mohon kami dibantu, maturnuwun

    BalasHapus
  8. Kenapa daging durian yg diletakkan di box mika maupun di wrapping bisa timbul air? Dan setelah beberapa jam, durian mulai timbul bau dan rasa asam? Tempat dan suhu seperti apa yg bisa mencegah timbulnya air? Sebelumnya terima kasih untuk jawabannya, pak Pratomo.

    BalasHapus
  9. mudah-mudahan ditahun-tahun mendatang pasar buah di indonesia dibanjiri buah-buahan yg berasal dari negeri sendiri

    BalasHapus
  10. For Sugiono: Desa Kalibagor Banyumas sedang menyusun proposal kepada kami.

    BalasHapus
  11. For Felix: Durian dapat berbuah dengan ideal di ketinggian 200-900 dpl. Perawatan tidak susah 3 pokok perawatan: ring sanitasi di bawah tajuk tanaman harus total bersih, Pupuk kompos dan NPK cukup, Air terjaga ri musim kemarau. Tkas

    BalasHapus
  12. For Sugiono: Mon Thong berasal dari Thailand, sedang Sitokong berasal asli Indonesia (Betawi). Tks

    BalasHapus
  13. For Sugiono: Kincir di Kel. Kandri, Kec. Gunungpati Kota Semarang ada contoh yang masih aktif. Kalau mau pakai hidram di sungai dengan kedalaman 3-4 meter, sungai dibendung dulu, bisa dengan bronjong atau bendungan karung pasir untuk kemudian dibuat terjuan. Tkas

    BalasHapus
  14. For Yuli: Durian dalam plastik mika / wrapping mengembun adalah akibat reaksi fisiologis yang masih berjalan yaitu respirasi sel yang mengakibatkan penguapan air. Sedang timbulnya bau asam adalah kombinasi reaksi ezimatis dan aktifnya mikrobia penghasil asam laktat. Untuk menggurangi efek tersebut: apabila durian sudah dibuka, segera di wrapping (minimal prosesing) dengan plastik wrap yang berpori mikron, dan disimpan di refrigerator untuk sayuran (tingkat) pertama atau kedua dari bawah. Jangan disimpan tepat dibawah freezer atau dibawah rak refigerator penyimpan daging, karena rentan terkena tetesan air dan intensitas kelembaban yang tinggi. Tks

    BalasHapus
  15. For Dani: Yang terjadi saat ini justru Indonesia yang dibanjiri buah impor dengan nilai lebih 12 trilyun per tahun yang PASTI meningkat tahun ini dengan adanya ASEAN-China Free Trade Agreement, per 1 Januari 2010. Ayo kita berdayakan petani Horti kita dengan Sentra Pemberdayaan Tani.

    BalasHapus
  16. pak klu durian monthong dari bibit sambung kira2 brapa tahun berbuah? agar cepat berbuah apa saja yang harus kita lakukan?

    BalasHapus
  17. pak, bagaimana biar durian monthong cepat berbuah

    BalasHapus
  18. Yth pak pratomo
    salam kenal
    kami ingin belajar lebih lanjut ttg budidaya durian monthong, apakah ditempat bisa menfasilitasinya ?
    Hormat kami
    fahmi

    BalasHapus
  19. Untuk Handie Wijaya, Elly Hasmi dan Fahmi yang tertarik terhadap budidaya durian Mon-Thong. Agar cepat berbuah Pohon Durian Monthong perlu: 1.Ditanam di tanah. 2.Pupuk Kompos diberikan 2-3 kali per tahun @ 10-20 kg/pohon. 3. Pupuk NPK diberikan 4 kali dalam setahun @ 1 kg. 4. Penyiraman air setiap hari di musim kemarau. 5. Basmi hama dan penyakit.

    BalasHapus
  20. Untuk Fahmi: Anda bisa belajar Gratis untuk budidaya durian Mon-Thong di Sentra Pemberdayaan Tani Durian Mon-Thong kami di Desa Karanganyar, Kec. Musuk, Boyolali, Jawa Tengah, mulai 9 Agustus 2010. Tks

    BalasHapus
  21. ditempat saya kemarin ada montong beratnya 16kg lwbih besar dari galon

    BalasHapus
  22. Bagaimana cara mengimbu durian yang belum matang tapi sudah terlanjur di belah?
    Andy purwodadi grobogan.

    BalasHapus