Minggu, 12 April 2009

Melon Apollo dari Patebon Masuk MURI

Rekor melon Apollo 4,37 kg

Melon hasil kebun Ir Harsono Enggal Harjo, salah seorang donatur Yayasan Obor Tani, menciptakan rekor buah melon Apollo terberat di Indonesia, dengan support teknis dari Yayasan Obor Tani. Melon jenis Apollo yang ditanam di kebun buah di Dusun Soponyono, Desa Wonosari, Kecamatan Patebon, Kendal ini setelah ditimbang diketahui mempunyai berat 4,37 kg. Rekor ini melengkapi rekor melon Honey Globe terberat sebelumnya yakni 4,25 kg yang ditanam petani binaan Yayasan Obor Tani di Wonokerto Bancak, Kab. Semarang, yang rekornya tercatat pada 27 November 2007. Baik Apollo maupun Honey Globe adalah sama-sama melon ekslusif jenis baru yang berkulit halus tanpa jala (net). Kalau Apollo berkulit kuning, Honey Globe ber kulit hijau.
melon Apollo
Penciptaan rekor ini kemarin disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Kendal Siti Nurmarkesi dan Paulus Pangka dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

"Melon seberat 4,37 kg ini hingga saat ini tercatat sebagai melon terberat di Indonesia. Melon terberat ini masuk rekor MURI dengan sebagai rekor ke 3.408," tandas Paulus Pangka.

Ir Harsono Enggal Harjo, ketua Yayasan PendidikanSolah Nasional Karangturi Semarang,  yang mengelola kebun buah di Dusun Soponyono ini memang berusaha mengembangkan buah-buahan lokal dengan kualitas bagus. Bersama menantunya Ir Joni Kusnoto Putro dan beberapa karyawannya, dikembangkan buah-buahan unggul seperti melon jenis Apollo dan Honey Globe, buah naga, semangka, papaya hingga cabe dengan kualitas terbaik.

Sementara Wakil Bupati Siti Nurmarkesi sangat menghargai usaha Harsono untuk mengembangkan buah-buahan lokal di Kendal. Tapi wabup akan lebih memberikan apresiasi kalau Harsono bisa mengajari petani yang lain untuk menanam buah-buahan seperti yang ditanam Harsono. "Tularkan ilmu anda pada petani di Kendal. Siapa tahu Kendal menjadi sentra buah-buahan terbesar di Indonesia," ujar Wabup. (*)

Dikutip dengan revisi dari : Harian Jawa Pos Radar Semarang, 17 September 2008.

10 komentar:

  1. Mau tanya Bapak/Ibu Yth,

    Saya dari Denpasar Bali, mencari bibit Melon kuning jenis apollo sperti ini.
    Dimana saya bisa mendapatkannya ya

    Terimakasih atas bantuannya.

    Hormat saya,

    Budi

    BalasHapus
  2. mohon kalau ada info-nya di sms ke 085237366159

    Terimakasih

    BalasHapus
  3. bagaimana budidaya melon dan penanggulangan penyakit

    BalasHapus
  4. Untuk melon kuning seperti Apollo, kami silahkan hubungi jaringan Pemasaran kami: IBANA (Idaman Buah Andalan Nasional) cq Bp. Roni. 024-3549152. Tkas

    BalasHapus
  5. Untuk Budidaya Melon nanti kami up-loud ke Website. Tks

    BalasHapus
  6. Saya tertarik menanam melon Apolo, dimana saya dapat memperoleh benihnya. Lahan saya di daerah desa Cibalagung, kecamatan Cidahu, kabupaten Sukabumi.

    BalasHapus
  7. saya skr sedang tanam melon jenis sakata, ada yang tau tentang penanggulangan tanaman melon yg terkena virus yang membuat daun menjadi keriting+menguning, kalo ada yg tahu, saya sangat buth informasinya bisa sms ke 085814365111, nanti saya call back...trims sebelumnya...

    BalasHapus
  8. Untuk Mohd. Agus: Kalau melon sudah terserang virus keriting-kuning tidak bisa diobati. Tindakan pencegahan adalah dengan cara membasmi vektornya, yaitu: kutu putih, thrips dan aphids, yang membuat markas dan berkembang biak di bawah daun melon. Tks

    BalasHapus
  9. kami menyediakan benih melon Apollo. Silakan kunjungi.
    knownyouseedindonesia.wordpress.com

    BalasHapus
  10. Untuk knownyouseed: Kami memang menggunakan benih-benih Anda untuk Melon tanpa net Apollo (golden Melon) dan Honey Globe (Honey Dew). Untuk katalog no. 19 dan 20 mohon dikirim pdf-nya. Nuwun.

    BalasHapus